Tempat Wisata Alam di Jabodetabek yang Tidak Akan Tergantikan

Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi atau biasa disebut dengan Jabodetabek merupakan salah satu wilayah paling padat di Pulau Jawa. Di tengah hiruk pikuk dan padatnya kota di siang hari dan hingar bingar kehidupan malamnya, masih tersimpan berbagai tempat wisata alam di Jabodetabek yang bisa dijadikan sebagai referensi untuk berlibur dan melepas penat di akhir pekan.

Mungkin kita semua sudah mengenal tempat-tempat wisata seperti Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Dunia Fantasi (Dufan), Monas, Kota Tua, dan banyak wisata buatan lainnya. Namun, bagi yang ingin merasakan suasana alam saat berlibur, ada beberapa rekomendasi tempat wisata alam yang menarik di wilayah Jabodetabek.

Tempat Wisata Alam di Jabodetabek yang Menarik untuk Dikunjungi


Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor
Sumber: katalogwisata.com

Kebun Raya Bogor (KRB) adalah rujukan pertama tempat wisata alam di Jabodetabek yang berada di kawasan Bogor, Jawa Barat. Lokasinya strategis karena berada di pusat kota. KRB juga merupakan salah satu obyek wisata alam tertua di Bogor karena sudah ada sejak zaman kerajaan Sunda Kelapa.  Bukan hanya tempat yang ideal untuk melepas lelah, para wisatawan juga bisa mempelajari ribuan flora yang ada disini.

Kawasan Puncak, Bogor

Kawasan Puncak juga merupakan salah satu tempat wisata alam di Jabodetabek terfavorit. Kawasan pegunungan dan lembah yang menghijau lengkap dengan berbagai obyek wisata alami maupun buatan, restoran keluarga, penginapan dan sebagainya membuat Kawasan Puncak Bogor selalu dipadati wisatawan di hari libur. Di akhir pekan, jalanan menuju Kawasan Puncak selalu macet.

Pulau Cangkir

Mungkin belum banyak yang tahu tentang Pulau Cangkir. Pulau kecil yang luasnya hanya 2,5 hektar ini berada di wilayah Kabupaten Tangerang, tepatnya di Desa Kronjo, Kecamatan Kronjo. Pulau Cangkir menggabungkan wisata alam bahari, wisata sejarah dan ziarah. Sedari tahun 1995, sudah dibangun jalan penghubung menuju ke Pulau Cangkir.

Tanjung Burung

Tanjung Burung merupakan sebuah nama desa yang berada di Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang. Desa ini berada di wilayah pesisir pantai utara Jawa. Di dalamnya, terdapat sebuah pantai yang bernama sama (Tanjung Burung). Selain dapat bermain-main di pantai dan menikmati keindahan laut, Anda juga dapat mengunjungi peternakan sapi terbesar di Tangerang.

Curug Parigi

Meski Bekasi juga merupakan salah satu wilayah terpadat penduduknya di Jawa Barat, namun disana ada sebuah tempat wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi. Namanya Curug Parigi. Sesuai dengan namanya, tempat ini merupakan sebuah air terjun kecil dengan air yang masih jernih dan mengalir deras. Letaknya berada tak jauh dari Perumahan Vila Nusa Indah 5.


Taman Wisata Alam Angke Kapuk

Taman wisata alam ini berada di sekitar wilayah Pantai Indah Kapuk. Disini terdapat sebuah hutan bakau yang melintang di sepanjang bibir pantai. Anda dapat berjalan-jalan menyusuri hutan bakau atau berkeliling menaiki perahu atau sampan dayung sewaan, dan melakukan aktivitas wisata lainnya seperti menanam bakau.

Pantai Muara Beting

Pantai Muara Beting merupakan sebuah pantai yang masih masuk di wilayah Kabupaten Bekasi, tepatnya di Kecamatan Muara Gembing. Meskipun pasirnya berwarna coklat terang, namun keindahan alamnya tidak kalah indah dengan pantai-pantai lainnya di wilayah Jabodetabek. Di pantai ini juga terdapat sebuah hutan bakau dengan luas 70 hektar, ratusan spesies burung hidup di hutan ini.

Taman Bunga Wiladatika

Tempat wisata alam ini berada di kawasan Depok, dekat dengan Cibubur. Taman Bunga yang memiliki luas 15 hektar ini diresmikan pada tahun 1980 oleh Presiden Soeharto. Disini terdapat sebuah kebun bunga yang luas, rapi dan berwarna-warni, pohonnya pun banyak yang rindang. Taman Bunga Wiladatika juga sering dijadikan sebagai lokasi foto pre-wedding.

Danau Cibereum

Danau Cibereum berada di Desa Lambing Sari, Kecamatan Tambun, Bekasi. Danau ini memiliki luas sekitar 2 hektar. Di tengah-tengahnya terdapat sebuah ‘pulau kecil’ yang bisa diseberangi dengan membayar Rp 15.000. Meski tidak terlalu luas, namun suasana alam di sekitar danau sudah cukup untuk melepas lelah setelah pulang kerja atau bertamasya dengan keluarga di akhir pekan.

Situ Cipondoh

Situ Cipondoh masih berada di kawasan Tangerang. Situ sendiri berarti danau. Jadi bisa dipastikan bahwa tempat wisata alam satu ini merupakan sebuah danau. Disini, Anda dapat memancing, menyewa perahu bebek, atau sepeda air dan bermain flying fox. Coba datang kesini saat sore hari, pemandangannya sangat ciamik saat matahari terbenam.

Rumah Pohon Bekasi

Tak perlu jauh-jauh ke kawasan Puncak untuk menikmati suasana hutan yang asri atau berfoto-foto di rumah pohon. Di Bekasi juga ada tempat wisata rumah pohon yang menarik untuk dikunjungi. Anda juga dapat bermain wall climbing, flying fox, paint ball dan juga kolam tangkap ikan.

Telaga Biru Cigaru

Telaga Biru Cigaru lokasinya cukup tersembunyi di wilayah Cisoka, Tangerang. Disebut Telaga Biru karena airnya memang berwarna biru kehijauan. Konon, tempat wisata alam ini menyimpan unsur mistik karena telaga ini dihuni oleh makhluk halus bernama Ratu Pelangi. Padahal telaga ini sebenarnya hanya merupakan bekas galian pasir dengan kedalaman hingga 50 meter.

Setu Babakan

Setu Babakan merupakan destinasi favorit masyarakat Jakarta dan sekitarnya di akhir pekan. Kawasan ini merupakan sebuah danau buatan yang luas dengan nuansa yang masih cukup asri karena dikelilingi pepohonan. Anda bisa menjumpai berbagai kuliner tradisional Betawi di Setu Babakan ini. Selain itu, Anda juga dapat menyewa perahu untuk berkeliling danau.

Taman Hutan Kota Bekasi

Taman Hutan Kota Bekasi ini letaknya tidak jauh dari alun-alun Bekasi. Di kawasan terbuka seluas 3 hektar ini terdapat ratusan jenis pohon. Ada juga sebuah area khusus untuk penangkaran merpati dan kutilang. Tempat wisata alam ini sangat ideal untuk berjalan-jalan atau rekreasi dengan keluarga karena terdapat arena bermain dan sebuah kolam ikan.

Studio Alam TVRI

Studio Alam TVRI masih berada di kawasan Depok, Jawa Barat. Taman ini bukan hanya menjadi kawasan hijau yang dipenuhi rerumputan dan pohon pinus saja, disini juga dibangun 19 rumah adat Nusantara dan menjadi lokasi penangkaran beberapa jenis satwa seperti reptil, unggas, kerbau, kuda dan serangga. Meski merupakan studio alam, namun kawasan ini dibuka untuk umum.

Kepulauan Seribu

Bosan dengan tempat wisata alam di Jabodetabek yang itu-itu saja? Kepulauan Seribu merupakan primadona wisata alam di Jakarta yang sangat indah. Betapa tidak, di Kepulauan Seribu terdapat banyak sekali pulau dengan hamparan pantai berpasir putih dengan air yang jernih, sebut saja Pulau Tidung, Pulau Pramuka, Pulau Bidadari, Pulau Kelapa, Pulau Pari, Pulau Kahyangan dan lain-lain.

Nah, ternyata banyak sekali tempat wisata alam yang masih berada di wilayah Jabodetabek. Sekarang Anda tak perlu bingung lagi ingin berlibur kemana di akhir pekan.

Belum ada Komentar untuk "Tempat Wisata Alam di Jabodetabek yang Tidak Akan Tergantikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel