Daftar Tempat Wisata Alam di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Tempat wisata alam di Jogja yang wajib dikunjungi memang cukup banyak dan kita tidak akan menyesal setelah mengunjunginya. Yogyakarta sendiri termasuk Daerah Istimewa yang ada di Indonesia.

Merupakan peleburan dari negara Kesultanan Yogyakarta dan Kadipaten Paku Alaman. Daerah Istimewa Yogyakarta atau DIY ini berada di Selatan Pulau Jawa, berbatasan dengan Samudera Hindia dan Provinsi Jawa Tengah. Memiliki luas mencapai 3.185,80 kilometer persegi.

Jogja atau Yogyakarta ini termasuk kota terbesar juga di Indonesia, memiliki otonomi khusus dengan bentuk pemerintahan Provinsi berupa Keraton. Sultan Yogya sendiri yang secara otomatis menjadi Gubernur. Selain itu, di kota Jogja juga memilki banyak tempat wisata bersejarah dan Tempat wisata alam yang sangat menarik untuk kita kunjungi.

Wisatawan mancanegara dan wisatawan lokal pasti sangat menyukainya, baik tempat wisata berupa peninggalan sejarah atau tempat wisata alam baru yang saat ini sudah mula bermunculan.

Tempat Wisata Alam di Jogja yang Wajib Dikunjungi


Wisata Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan salah satu tempat wisata alam yang wajib dikunjungi. Banyak wisatawan dari berbagai negara atau wilayah yang senang berkunjung ke Candi tersebut, karena mereka dapat melihat keajaiban alam yang pernah ada.

Candi Prambanan ini berada 17 kilometer dari pusat kota Jogja dan untuk sampai ke Candi kita bisa menggunakan mobil pribadi atau bus dan turun di halte Prambanan. Candi ini termasuk Candi yang sangat menakjubkan, megah dan mempesona. Selain itu ada juga beberapa candi lainnya yang ada di kota Jogja.

Pantai Parangtritis

Tempat wisata alam di Jogja yang wajib dikunjungi lainnya merupakan objek wisata pantai Parangtritis yang sudah sangat populer di kalangan wisatawan. Tidak sedikit wisatawan yang mau menyempatkan diri untuk berkunjung ke pantai tersebut selama liburan di Jogja.

Daftar Tempat Wisata Alam di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Menariknya, pasir dari Pantai Parangtritis ini berwarna hitam. Sedangkan pada umumnya daya tarik pantai wisata biasanya karena pasir pantai tersebut berwarna putih. Selain itu pilihan aktivitas juga bisa dilakukan di pantai Parangtritis, seperti:
  • Bermain air
  • Menyusuri pesisir pantai dengan bendi
  • Mengendarai ATV/All Terrain Vehicle
  • Duduk santai menikmati pemandangan
  • Menikmati suasana malam hari
  • Menikmati jagung dengan minum wedang ronde

Jadi untuk wisatawan yang ingin berkunjung ke Pantai Parangtritis ini harus menempuh perjalanan 27 kilometer dari pusat Kota dan menuju ke arah Selatan. Untuk menuju pantai Parangtritis kita juga dapat menggunakan transportasi umum lainnya.

Tempat Wisata Tebing Breksi

Tebing Breksi berada di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan Kabupaten Sleman Yogyakarta yang termasuk tempat wisata alam di Jogja yang wajib dikunjungi. Untuk menuju ke Tebing Breksi, kita harus berada di jalur utama atau di Prambanan Piyungan.

Tebing Breksi sendiri termasuk wisata alam terbaru, menambah minat dari para wisatawan untuk liburan ke kota Jogja. Di tempat wisata ini kita akan disuguhkan pemandangan alam yang sangat menawan, terdapat deretan tebing batu breksi yang terbentang dan menjulang tinggi.

Menurut sejarah, Tebing Breksi sudah terbentuk dari jutaan waktu lalu. Tapi karena adanya aktivitas tambang, membuat dinding tebing menjadi seperti struktur batuan dan bentuk tersebut mirip dengan kue lapis. Hal ini menjadi keindahan tersendiri untuk wisatawan yang datang.

Tidak sedikit juga fotografer yang menjadikan Tebing Breksi menjadi tempat sebagai referensi foto, seperti foto prewedding atau foto spot hunting saja. Untuk masuk tempat wisata alam di Jogja yang wajib dikunjungi atau Tebing Breksi ini kita juga tidak dipungut biaya apapun alias gratis.

Air Terjun Lepo

Air terjun Lepo ini berada di Dusun Pokoh, memiliki 4 tingkat kolam alami yang saling berhubungan. Masing-masing kolam memiliki kedalaman mulai dari 2 meter sampai kedalaman paling dangkal. Meskipun memiliki kedalaman yang berbeda, anak muda dan orang dewasa dapat berenang di kolam tersebut.

Di kawasan air terjun Lepo juga sudah disediakan warung sederhana, padat dan berjejer. Ada juga aula, kamar mandi dan tempat untuk menyewa tikar atau pelampung. Tapi untuk wisatawan yang berkunjung ke Air Terjun Lepo diwajibkan untuk tetap menjaga kebersihan dan membuang sampah di tempatnya.

Selain Air Terjun Lepo, tempat wisata berupa air terjun lainnya di Jogja lainnya berupa Curug Tegarejo, Air Terjun Sri Gethuk dan yang lainnya.

Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu termasuk museum kebanggaan dari masyarakat Yogyakarta dan menjadi salah satu tempat wisata alam di Jogja yang wajib dikunjungi. Museum ini juga pernah dinobatkan sebagai museum terbaik di Indonesia. Berada di Jl. Boyong Km 25, Kaliurang Barat. Dibuka setiap hari, mulai dari 09.00 sampai 16.00 WIB.

Saat masuk museum ini, wisatawan akan diajak untuk melihat kekayaan tradisi, sejarah dan budaya Indonesia melalui koleksi beragam yang ada di museum tersebut. Untuk masuk ke museum ini, kita perlu membayar tiket Rp. 25.000/orang.

Kita bisa melihat banyak koleksi, seperti surat, koleksi kain batik, alat musik tradisional sampai dengan lukisan yang nilai sejarahnya sangat tinggi. Sedangkan uniknya, di dalam Museum Ullen Sentalu, para pengunjung tidak boleh menggunakan dan membawa kamera selama karena tidak boleh memotret isi museum tersebut.

Kebun Buah Mangunan

Tempat wisata alam di Jogja yang wajib dikunjungi yang merupakan kebun yaitu Kebun Buah Mangunan. Berada di daerah Mangunan, Dlingo kota Bantul. Berjarak 35 km dari pusat kota atau sekitar 1,5 jam perjalanan.

Di Kebun Buah Mangunan ini kita akan disuguhkan pemandangan alam yang sangat cantik. Terutama dari ketinggian 150mdpl sampai 200mdpl dan kita juga dapat menikmati pesona keindahan dari Sungai Oyo yang mengalir secara berkelok-kelok.

Daftar Tempat Wisata Alam di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Saat kita berkunjung pada musim tertentu, wisatawan dapat menikmati buah-buahan yang bisa dipetik sendiri. Mulai dari:
  • Jambu
  • Jeruk
  • Mangga

Selain itu terdapat juga area outbound, memancing dan berkemah. Pengunjung hanya dikenakan biaya masuk Rp. 5.000/orang dan sudah bisa menikmati semua fasilitas yang ada. Wisatawan dapat berkunjung ke Kebun Buah Mangunan ini sekitar pukul 06.00 WIB dan sore hari atau pukul 17.00 WIB.

Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan saat ini sudah banyak menjadi perbincangan, karena termasuk tempat wisata alam di Jogja yang wajib dikunjungi. Berada 23 km dari pusat kota dan kita bisa mencari Desa Mangunan, Dlingo dan menyusuri jalan Imogiri Timur.

Menariknya di tempat wisata Hutan Pinus Mangunan ini terdapat deretan pohon pinus, menjulang tinggi sampai menutupi semua kawasan. Suasana alamnya segar, teduh dan membuat kita bisa memasuki hutan supaya lebih menyenangkan atau menantang.

Hutan Pinus Mangunan

Di Hutan Pinus Mangunan terdapat juga panggung terbuka yang terbuat dari kayu, tempat duduk melingkar dari batang pohon dan panggung tersebut sering digunakan untuk sebuah acara seperti teater, sastra dan pertunjukan musik.

Untuk waktu yang tepat saat ingin berkunjung ke Hutan Pinus Mangunan, saat pagi hari atau pukul 06.00 WIB sampai 10.00 WIB dan sore hari pukul 15.00 WIB sampai 18.00 WIB. Pengunjung juga tidak akan dikenai biaya masuk untuk berkunjung ke tempat wisata alam yang satu ini, hanya membayar parkir Rp. 10.000 untuk mobil dan Rp. 3.000 untuk sepeda motor.

Belum ada Komentar untuk "Daftar Tempat Wisata Alam di Jogja yang Wajib Dikunjungi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel