Surga Tersembunyi di Wisata Alam Jogja yang tidak Boleh Dilewatkan

Wisata alam Jogja merupakan salah satu daya tarik yang membuat banyak wisatawan akan mengunjungi kota pelajar ini sebagai destinasi wisata ketika liburan. Seperti yang Anda ketahui jika Jogja adalah kota yang mempunyai banyak julukan mulai dari kota pelajar, kota gudeg, kota seni dan budaya, kota buku, kota seniman, kota keraton, kota istimewa, kota batik, serta kota wisata. Dengan sebutan kota wisata tentu sudah bisa dipastikan jika di kota ini terdapat banyak tempat wisata yang bisa Anda kunjungi.

Selain karena banyaknya tempat wisata, alasan orang memilih kota jogja untuk mengisi waktu liburan mereka adalah karena kondisi lingkungannya, keamanannya, sosial serta politiknya relatif stabil. Kemudian jika dilihat dari biaya hidup di Jogja yang lebih murah dari kota wisata lainnya serta keramahan dari masyarakat Jogja yang membuat wisatawan menjadi lebih nyaman ketika berkunjung. Ada banyak destinasi wisata alam Jogja yang bisa dikatakan sebagai surga tersembunyi.

Berikut adalah beberapa tempat wisata alam Jogja yang akan membuat Anda menyesal jika melewatkan untuk berkunjung.

Wisata Alam Jogja yang tidak Bisa Dilewatkan


Hutan Pinus Karangasem 

Di kota Jogja tidak hanya terdapat satu hutan pinus yang terlihat cantik. Jika Anda berjalan kurang lebih 1 km dari Hutan Pinus Mangunan maka akan ditemukan spot yang sangat menarik serta tidak kalah uniknya yaitu Hutan Pinus Asri Karangasem. Gardu pandang yang digunakan oleh pengunjung ketika menikmati indahnya pemandangan yang masih asri membuat daya tarik tersendiri dari Hutan Pinus Karangasem ini.

Selain gardu pandang, ada juga beberapa spot menarik yaitu rumah kayu, taman bunga, rumah pohon, dan masih banyak lagi spot menarik lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mengambil gambar dan di unggah ke media sosial.

Puncak Kosakora 

Surga Tersembunyi di Wisata Alam Jogja yang tidak Boleh Dilewatkan
Sumber: masbidintravel.net

Anda yang menyukai berwisata di pantai tidak boleh melewatkan puncak Kosakora ketika sedang liburan di Jogja. Puncak yang berada di Pantai Drini ini akan menyuguhkan pemandangan pantai serta perbukitan yang elok dan menakjubkan. Anda bisa membuat kemah untuk menikmati sunrise atau untuk menikmati sunset bersama orang terdekat.

Puncak Suroloyo

Sebelum Anda mengawali perjalanan wisata di kota Jogja, maka akan lebih baik jika Anda mengawalinya dengan melihat matahari terbit di Puncak Suroloyo. Puncak ini ada di Pegunungan Menoreh, Kulon Progo. Kemudian puncak ini menawarkan keindahan dari matahari terbit bersama hamparan awan yang membuatnya semakin indah. Untuk mencapai sebuah tujuan tentu Anda harus berusaha dan berjuang. Perjuangan yang Anda lakukan untuk bisa menikmati indahnya mataharu terbit di sini adalah harus menapaki kurang lebih 290 anak tangga.

Di tempat wisata alam Jogja ini ada sebuah legenda yang menyatakan jika dahulu Raden Mas Rangsang memperoleh wangsit dalam melakukan sebuah tapa kesatriyan. Raden tersebut adalah Sultan Agung Hanyakrakusuma yaitu penguasa tanah Jawa.

Bukit Parang Endog

Wisata Alam Jogja yang selanjutnya yaitu destinasi wisata yang ada di Bantul dengan jarak 27 km dari selatan kota Jogja. Nama wisata alam ini adalah Bukit Parang Endog yang berada di ujung timur Pantai Parangtritis. Tempat ini sering digunakan untuk landasan pacu oleh olahraga para layang. Anda bisa mencoba untuk olahraga para layang tandem dengan pilot yang sudah berpengalaman dan tentu saja harganya sangat terjangkau. 

Cave Tubing Di Kalisuci

Seperti yang Anda ketahui jika cave tubing merupakan kegiatan untuk menyusur sebuah gua dengan menggunakan ban dalam maupun body rafting untuk melewati sungai yang ada di dalam bumi. Kegiatan ini bisa Anda coba di Gua Pindul, Gunung Kidul atau di Kalisuci. Kalisuci ada di Desa Pacarejo, kecamatan Semanu, dan masih di Gunungkidul. Nama Kalisuci adalah karena adanya mata air yang sangat jernih serta tetap jernih walau air sungai tersebut mengeruh saat musim hujan datang.

Curug Indah Tegalrejo, Gunungkidul

Meskipun warga sekitar menyebutnya dengan nama Curug Bayat, sebab lokasi yang ada di perbatasan daerah Bayat Klaten. Namun, sebenarnya lokasi dari Curug Indah Tegalrejo ada di Tegalrejo, Gunungkidul bagian ujung timur. Banyak yang belum mengetahui mengenai curug indah ini. Curug yang menawarkan keindahan yang menakjubkan karena terdiri oleh beberapa curug bertingkat serta dikelilingi oleh banyak pohon yang hijau sehingga membuat suasana semakin asri.

Curug ini sedikit dangkal, oleh karena itu ketika anda berkunjung di wisata alam Jogja yang satu ini, Anda harus hati-hati jika akan mencoba lompat dari tebing. Ketika Anda berkunjung ke curug ini maka akan banyak dijumpai warga sekitar serta anak-anak yang sengaja ingin mandi atau menyegarkan badan mereka di mata air yang murni. 

Goa Jomblang

Wisata alam Jogja yang tidak bisa Anda lewatkan berikutnya adalah Goa Jomblang. Goa ini ada di perbukitan karst, Gunung Kidul. Bentuk gua ini adalah vertikal dengan keunikan yang luar biasa. Perlu alat khusus dengan standar keamanan yang terjaga serta didampingi pemandu agar Anda bisa sampai ke dasar gua. Perlu Anda ketahui jika waktu yang tepat untuk mengunjungi Goa Jomblang yaitu antara jam 10.00 sampai jam 12.00. 

Hal tersebut disebabkan oleh posisi matahari yang tinggi sehingga Anda bisa melihat cahaya matahari yang masuk ke gua sangat cantik. 

Air Terjun Sri Gethuk Di Gunungkidul

Seperti yang Anda ketahui jika di Gunungkidul terdapat banyak tempat wisata, meskipun wilayah tersebut termasuk kering tetapi ternyata ada air terjun yang menakjubkan. Nama air terjun itu adalah Air Terjun Sri Gethuk yang ada di ngarai Sungai Oya yaitu yang membelah Desa Wisata Bleberan. Air terjun ini mengalir tanpa henti dengan kanan kiri berupa tebing karst. Pada bagian bawah ada undak-undakan yang akan membuat tempat ini lebih unik serta mewah.

Wisata alam Jogja ini dinamakan Air Terjun Sri Gethuk karena dahulu katanya tempat tersebut digunakan untuk menyimpan instrumen atau kethuk gamelan yang dimiliki oleh Jin Anggo Meduro. 

Panjat Tebing Di Pantai Siung 

Daya tarik dari Pantai Siung adalah tebing-tebing curam yang ada di sekitar Pantai. Tidak heran jika banyak wisatawan yang memiliki hobi panjat tebing akan mengunjungi pantai ini dan memanjat tebing yang mengelilingi Pantai. Terdapat kurang lebih 250 jalur untuk panjat tebing, dan salah satu dari puncak tebing Anda bisa melihat panorama untuk Pantai Siung yang mana laut terhampar di kejauhan.

Gondola Tradisional Di Pantai Timang

Wisata alam Jogja yang tidak bisa Anda lewatkan selanjutnya adalah mencoba gondola di Pantai Timang, Gunungkidul. Gondola ini dikaitkan menggunakan tali dengan pancang kayu yang dipasang pada sela-sela karang. Sebenarnya fungsi dari gondola ini adalah perantara nelayan dalam mencari lobster yang berada di pulau karang yaitu Pulau Panjang tepat di seberang pantai. Anda akan tetap aman ketika menaiki gondola tradisional ini, karena dari pihak pengelola telah rutin dalam melakukan pemeriksaan.

Itulah beberapa destinasi wisata alam Jogja yang tidak bisa Anda lewatkan ketika Anda memutuskan Jogja sebagai kota tujuan Anda berlibur. Yang terpenting adalah selalu cari informasi mengenai tempat wisata tersebut dan jika Anda belum paham dengan kota Jogja akan lebih baik jika menggunakan pemandu wisata.

Belum ada Komentar untuk "Surga Tersembunyi di Wisata Alam Jogja yang tidak Boleh Dilewatkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel